A. Identity
Name
|
:
English Education Department
|
Faculty
|
:
Education and Teacher Training
|
INSTITUTE
|
:
The State Institute for Islamic Studies Sultan
Maulana Hasanuddin Banten
|
Main
Profession
|
:
English Tecaher
|
Alternative
Profession
|
:
Interpreter, Entrepreneurship.
|
Degree
|
:
S.Pd
|
B.
Vision, Mission
and Purposes
1. Vision
|
Menjadi
Jurusan terdepan dan terkemuka di Indonesia pada tahun 2020 dalam
penyelenggaraan pendidikan Bahasa
Inggris yang mengembangkan aspek kebahasaan, menghasilkan tenaga pendidik
professional, berdaya saing, berjiwa entrepreneurship.
To be the Indonesian outstanding and ……….English
Department in 2020 on conducting English education which develops language
aspects, resulting professional, competitive, educators, and entrepreneurship
spirits.
|
2.
Mission
|
1. Menyelenggaran pendidikan dalam mencetak tenaga pendidik dan
kependidikan yang profesional dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris berdaya
saing dan berjiwa kewirausahaan.
“Conducting education resulting professional, competitive educator,
and educational managerial in term of English education and have a entrepreneurship
spirits”.
2. Melaksanakan pendidikan tenaga pendidik dan kependidikan yang
memiliki kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan sosial yang
dilandasi nilai-nilai akhlakul karimah.
“Conducting education resulting professional, pedagogical educator,
having akhlakul karimah value-based social spirit.
3. Melaksanakan penelitian dan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa
Inggirs yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders dan melaksanakan pendidikan
yang berdedikasi dan komitmen yang tinggi kepada masyarakat dalam penyebaran
dan pengimplementasian pendidikan bahasa Inggris.
“Conducting research and innovation in English education which meets
the need to users/stakeholders and conducting high commitment social-based
English education in spreading out the implementation of English education.
4.
Menyelenggarkan kerjasama dalam skala
nasional, regional, maupun internasional dalam pengembangan pendidikan bahasa
Inggris, penelitian atas dasar pengembangan dan peningkatan proseionalisme
tenaga pendidik dalam bidang bahasa inggris.
“Conducting national,
regional and international corporation work team in developing English
education research, developmental and professionalism-based English
education.
|
3. Purposes
|
1. Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dalam
bidang pendidikan Bahasa Inggris berdaya saing dan berjiwa kewirausahaan, yang
memiliki kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan sosial yang
dilandasi nilai-nilai akhlakul karimah.
“Resulting professional educator and education human resources in
English education which have competitive entrepreneurship spirit, pedagogical
and professional, social-based and akhlakul karimah personality”
2.
Menghasilkan tenaga pendidik dan
kependidikan Menghasilkan karya-karya penelitian dan inovasi dalam bidang
pendidikan bahasa Inggris yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders dan
menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki dedikasi dan
komitmen yang tinggi kepada masyarakat dalam penyebaran pengimplementasian
pendidikan bahasa Inggris.
“Resulting educator and education human resources, creating
researches and English Education innovations which can be adapted to the
users, resulting research and innovation in English education which meets the
need to users/stakeholders and conducting high commitment social-based
English education in spreading out the implementation of English education.
3.
Membangun kerjasama dalam skala nasional,
regional, maupun internasional dalam pengembangan pendidikan bahasa Inggris,
penelitian atas dasar pengembangan dan peningkatan proseionalisme tenaga
pendidik yang mandiri dan berdaya saing global.
“Conducting national,
regional and international corporation work team in developing English
education research, developmental and professionalism-based and global
competitive English education human resources.
|
4. Sasaran dan Strategi Pencapaian
|
Rentang waktu dalam pencapaian sasaran dan
strategi yang dijalankan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa
program jurusan dapat dijalankan dengan baik dan tetpat waktu. Program ini
sebagai strategi dalam pencapaian sasaran. Program yang dimaksud antara lain:
diskusi dosen yang melibatkan mahasiswa, pelibatan mahasiswa dalam penerbitan
jurnal, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan kelembagaan penunjang
jurusan,
Strategi yang dianut dan dijalankan dalam
pencapaian sasaran, sebagai pengenjawantahan visi, misi dan sasaran program
studi, sangat efektif dan efesien serta rentang waktu sangat jelas. Stretegi
pencapaian, dengan berbagai usaha dan keterlibatan pemangu kepentingan,
strategi dalam pencapaian sasaran yang efektif dan efesien ini diantaranya:
1.
mendisain ulang kurikulum berbasis kebutuhan, penyebaran mata kuliah
yang berseri, terutama MK kejuruan memiliki bobot sks 90 sks serta mata
kuliah pendukung pencetakan mahasiswa dan alumni yang berjiwa
entrepreneurship tinggi dan kemandirian.
2.
Adanya dukungan sebaran
mata kuliah dalam kurikulum yang mendukung penciptaan mahasiswa yang
berakhlakul karimah.
3.
pelibatan mahasiswa
dalam penulisan jurnal ilmiah dosen serta diskusi dosen
4.
Membangun kerjasama
antara prodi Tadris Bahasa Inggris dengan beberapa sekolah sebagai pengguna
lulusan dalam kegiatan praktikum profesi (program pengalaman lapangan
kependidikan). Kerjasama ini tertuang baik dalam bentuk MOU (memorendum of
understanding) maupun MOA (memorendum of action).
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar