Rabu, 14 Januari 2015

Profile: English Education Departement

A.   Identity

Name
: English Education Department
Faculty
: Education and Teacher Training
INSTITUTE
: The State Institute for Islamic Studies Sultan
   Maulana Hasanuddin Banten
Main Profession
: English Tecaher
Alternative Profession
: Interpreter, Entrepreneurship.
Degree
: S.Pd

B.   Vision, Mission and Purposes

1. Vision
Menjadi  Jurusan terdepan dan terkemuka di Indonesia pada tahun 2020 dalam penyelenggaraan  pendidikan Bahasa Inggris yang mengembangkan aspek kebahasaan, menghasilkan tenaga pendidik professional, berdaya saing, berjiwa entrepreneurship.

To be the Indonesian outstanding and ……….English Department in 2020 on conducting English education which develops language aspects, resulting professional, competitive, educators, and entrepreneurship spirits.



2.   Mission
1.     Menyelenggaran pendidikan dalam mencetak tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris berdaya saing dan berjiwa kewirausahaan.
“Conducting education resulting professional, competitive educator, and educational managerial in term of English education and have a entrepreneurship spirits”.
2.    Melaksanakan pendidikan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan sosial yang dilandasi nilai-nilai akhlakul karimah.
“Conducting education resulting professional, pedagogical educator, having akhlakul karimah value-based social spirit.
3.    Melaksanakan penelitian dan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Inggirs yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders dan melaksanakan pendidikan yang berdedikasi dan komitmen yang tinggi kepada masyarakat dalam penyebaran dan pengimplementasian pendidikan bahasa Inggris.
“Conducting research and innovation in English education which meets the need to users/stakeholders and conducting high commitment social-based English education in spreading out the implementation of English education.

4.     Menyelenggarkan kerjasama dalam skala nasional, regional, maupun internasional dalam pengembangan pendidikan bahasa Inggris, penelitian atas dasar pengembangan dan peningkatan proseionalisme tenaga pendidik dalam bidang bahasa inggris.
“Conducting national, regional and international corporation work team in developing English education research, developmental and professionalism-based English education.

3.  Purposes
1.       Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris berdaya saing dan berjiwa kewirausahaan, yang memiliki kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan sosial yang dilandasi nilai-nilai akhlakul karimah.
“Resulting professional educator and education human resources in English education which have competitive entrepreneurship spirit, pedagogical and professional, social-based and akhlakul karimah personality”

2.      Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan Menghasilkan karya-karya penelitian dan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Inggris yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders dan menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi kepada masyarakat dalam penyebaran pengimplementasian pendidikan bahasa Inggris.
“Resulting educator and education human resources, creating researches and English Education innovations which can be adapted to the users, resulting research and innovation in English education which meets the need to users/stakeholders and conducting high commitment social-based English education in spreading out the implementation of English education.

3.      Membangun kerjasama dalam skala nasional, regional, maupun internasional dalam pengembangan pendidikan bahasa Inggris, penelitian atas dasar pengembangan dan peningkatan proseionalisme tenaga pendidik yang mandiri dan berdaya saing global.
Conducting national, regional and international corporation work team in developing English education research, developmental and professionalism-based and global competitive English education human resources.

4.  Sasaran dan Strategi Pencapaian
Rentang waktu dalam pencapaian sasaran dan strategi yang dijalankan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa program jurusan dapat dijalankan dengan baik dan tetpat waktu. Program ini sebagai strategi dalam pencapaian sasaran. Program yang dimaksud antara lain: diskusi dosen yang melibatkan mahasiswa, pelibatan mahasiswa dalam penerbitan jurnal, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan kelembagaan penunjang jurusan,
Strategi yang dianut dan dijalankan dalam pencapaian sasaran, sebagai pengenjawantahan visi, misi dan sasaran program studi, sangat efektif dan efesien serta rentang waktu sangat jelas. Stretegi pencapaian, dengan berbagai usaha dan keterlibatan pemangu kepentingan, strategi dalam pencapaian sasaran yang efektif dan efesien ini diantaranya:
1.     mendisain ulang kurikulum berbasis kebutuhan, penyebaran mata kuliah yang berseri, terutama MK kejuruan memiliki bobot sks 90 sks serta mata kuliah pendukung pencetakan mahasiswa dan alumni yang berjiwa entrepreneurship tinggi dan kemandirian.
2.    Adanya dukungan sebaran mata kuliah dalam kurikulum yang mendukung penciptaan mahasiswa yang berakhlakul karimah.
3.    pelibatan mahasiswa dalam penulisan jurnal ilmiah dosen serta diskusi dosen
4.    Membangun kerjasama antara prodi Tadris Bahasa Inggris dengan beberapa sekolah sebagai pengguna lulusan dalam kegiatan praktikum profesi (program pengalaman lapangan kependidikan). Kerjasama ini tertuang baik dalam bentuk MOU (memorendum of understanding) maupun MOA (memorendum of action).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar